16 November 2018

STOP TASYABBUH (Seri 2)


Bismillah was shalatu was salamu 'ala Rasulillah wa ba'du.
.
※ Apa arti tasyabbuh dengan orang kafir yang terlarang itu?
.
Syaikh Shalih bin Fauzan Al-Fauzan hafidzahullahu berkata: "Diharamkan tasyabbuh dengan orang-orang kafir di dalam hal-hal yang merupakan kekhususan mereka, adat kebiasan mereka, yang merupakan ibadah mereka, sifat dan akhlak mereka seperti mencukur jenggot, memanjangkan kumis, memakai bahasa mereka kecuali jika dibutuhkan, di dalam berpakaian, makan dan minum dan yang lainnya."
[Lihat kutaib Al-Wala’ wa Al-Bara’ hal. 9]
.
※ Apa dalil haramnya tasyabbuh dengan orang-orang kafir?
.
Dalil dari Al-Quran Al-Karim:
.
Allah ﷻ berfirman:
.
ثُمَّ جَعَلۡنَـٰكَ عَلَىٰ شَرِيعَةٍ۬ مِّنَ ٱلۡأَمۡرِ فَٱتَّبِعۡهَا وَلَا تَتَّبِعۡ أَهۡوَآءَ ٱلَّذِينَ لَا يَعۡلَمُونَ
.
"Kemudian Kami jadikan kamu berada di atas suatu syariat dari urusan (agama itu), maka ikutilah syariat itu dan janganlah kamu ikuti hawa nafsu orang-orang yang tidak mengetahui."
[QS. Al-Jatsiyah: 18]
.
Allah ﷻ berfirman:
.
وَلَٮِٕنِ ٱتَّبَعۡتَ أَهۡوَآءَهُم بَعۡدَمَا جَآءَكَ مِنَ ٱلۡعِلۡمِ مَا لَكَ مِنَ ٱللَّهِ مِن وَلِىٍّ۬ وَلَا وَاقٍ۬
.
"Dan seandainya kamu mengikuti hawa nafsu mereka setelah datang pengetahuan kepadamu, Maka sekali-kali tidak ada pelindung dan pemelihara bagimu terhadap (siksa) Allah."
[QS. Ar-Ra’du: 37]
.
Allah ﷻ berfirman:
.
وَلَن تَرۡضَىٰ عَنكَ ٱلۡيَہُودُ وَلَا ٱلنَّصَـٰرَىٰ حَتَّىٰ تَتَّبِعَ مِلَّتَہُمۡ‌ۗ قُلۡ إِنَّ هُدَى ٱللَّهِ هُوَ ٱلۡهُدَىٰ‌ۗ وَلَٮِٕنِ ٱتَّبَعۡتَ أَهۡوَآءَهُم بَعۡدَ ٱلَّذِى جَآءَكَ مِنَ ٱلۡعِلۡمِ‌ۙ مَا لَكَ مِنَ ٱللَّهِ مِن وَلِىٍّ۬ وَلَا نَصِيرٍ
.
"Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: 'Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang benar).' Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, Maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu."
[QS. Al-Baqarah: 120]
.
Allah ﷻ berfirman:
.
وَمِنۡ حَيۡثُ خَرَجۡتَ فَوَلِّ وَجۡهَكَ شَطۡرَ ٱلۡمَسۡجِدِ ٱلۡحَرَامِ‌ۚ وَحَيۡثُ مَا كُنتُمۡ فَوَلُّواْ وُجُوهَڪُمۡ شَطۡرَهُ ۥ لِئَلَّا يَكُونَ لِلنَّاسِ عَلَيۡكُمۡ حُجَّةٌ إِلَّا ٱلَّذِينَ ظَلَمُواْ مِنۡہُمۡ
.
"Dan dari mana saja kamu (keluar), maka palingkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu (sekalian) berada, maka palingkanlah wajahmu ke arahnya, agar tidak ada hujjah bagi manusia atas kamu, kecuali orang-orang yang zalim diantara mereka."
[QS. Al-Baqarah: 150]
.
Allah ﷻ berfirman:
.
ٱهۡدِنَا ٱلصِّرَٲطَ ٱلۡمُسۡتَقِيمَ (٦) صِرَٲطَ ٱلَّذِينَ أَنۡعَمۡتَ عَلَيۡهِمۡ غَيۡرِ ٱلۡمَغۡضُوبِ عَلَيۡهِمۡ وَلَا ٱلضَّآلِّينَ (٧)
.
"Tunjukilah kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka. Bukan (jalan) mereka yang dimurkai (Yahudi) dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat (Nashara)."`
[QS. Al-Fatihah: 6-7]
.
Allah ﷻ berfirman:
.
يَـٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ لَا تَقُولُواْ رَٲعِنَا وَقُولُواْ ٱنظُرۡنَا وَٱسۡمَعُواْ‌ۗ وَلِلۡڪَـٰفِرِينَ عَذَابٌ أَلِيمٌ۬
.
"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu katakan (kepada Muhammad): 'Raa’ina,' tetapi Katakanlah: 'Unzhurna,' dan dengarkanlah. Dan bagi orang-orang yang kafir siksaan yang pedih."
[QS. Al-Baqarah: 104]
.
Allah ﷻ berfirman:
.
وَلَا تَكُونُواْ كَٱلَّذِينَ تَفَرَّقُواْ وَٱخۡتَلَفُواْ مِنۢ بَعۡدِ مَا جَآءَهُمُ ٱلۡبَيِّنَـٰتُ‌ۚ وَأُوْلَـٰٓٮِٕكَ لَهُمۡ عَذَابٌ عَظِيمٌ۬
.
"Dan janganlah kamu menyerupai orang-orang yang bercerai-berai dan berselisih sesudah datang keterangan yang jelas kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yang mendapat siksa yang berat."
[QS. Ali-Imran: 105]
.
Allah ﷻ berfirman:
.
أَلَمۡ يَأۡنِ لِلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ أَن تَخۡشَعَ قُلُوبُہُمۡ لِذِڪۡرِ ٱللَّهِ وَمَا نَزَلَ مِنَ ٱلۡحَقِّ وَلَا يَكُونُواْ كَٱلَّذِينَ أُوتُواْ ٱلۡكِتَـٰبَ مِن قَبۡلُ فَطَالَ عَلَيۡہِمُ ٱلۡأَمَدُ فَقَسَتۡ قُلُوبُہُمۡ‌ۖ وَكَثِيرٌ۬ مِّنۡہُمۡ فَـٰسِقُونَ
.
"Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka), Dan janganlah mereka seperti orang-orang yang sebelumnya telah diturunkan Al kitab kepadanya, kemudian berlalulah masa yang panjang atas mereka lalu hati mereka menjadi keras. Dan kebanyakan di antara mereka adalah orang-orang yang fasik."
[QS. Al-Hadid: 16]
.
Dalil dari hadits Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam:
.
Rasulullah ﷺ bersabda:
.
من تشبه بقوم فهو منهم
.
"Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum maka dia termasuk kaum tersebut."
[HR. Ahmad]
.
Rasulullah ﷺ bersabda:
.
لَتَتّبِعُنّ سَنَنَ الّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ. شِبْراً بِشِبْرٍ، وَذِرَاعاً بِذِرَاعٍ. حَتّىَ لَوْ دَخَلُوا فِي جُحْرِ ضَبٍّ لتّبَعْتُمُوهُمْ” قُلْنَا: يَا رَسُولَ اللّهِ آلْيَهُودُ وَالنّصَارَى؟ قَالَ “فَمَنْ؟”
.
"Sungguh kalian akan mengikuti jalan orang-orang sebelum kalian, sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta. Hingga seandainya mereka masuk ke lubang Dhob (binatang gurun pasir) maka kalian akan mengikuti mereka. Kami (para sahabat) berkata: "Wahai Rasulullah, apakah mereka adalah orang yahudi dan nashara?" Rasul menjawab: "Siapa lagi kalau bukan mereka?"
[HR. Bukhari]
.
Rasulullah ﷺ bersabda:
.
ليس منا من تشبه بغيرنا لا تشبهوا باليهود ولا بالنصارى فإن تسليم اليهود الإشارة بالأصابع وتسليم النصارى الإشارة بالأكف
.
"Bukan dari golongan kami orang yang menyerupai selain kami. Jangan menyerupai orang yahudi dan nashara. Sesungguhnya (ucapan) selamat yahudi itu dengan isyarat jari dan (ucapan) selamat orang nashara dengan isyarat telapak tangan."
[HR. Tirmidzi]
.
Rasulullah ﷺ bersabda:
.
خَالِفُوا الْيَهُودَ فإِنّهُمْ لا يُصَلّونَ في نِعَالِهِمْ وَلاَ خِفَافِهِمْ
.
"Selisihilah orang-orang yahudi, karena sesunguhnya mereka tidak mau shalat dengan sandal dan sepatu mereka."
[HR. Abu Daud]
.
Rasulullah ﷺ bersabda:
.
غَيِّرُوا الشَّيْبَ ، وَلَا تَشَبَّهُوا بِالْيَهُودِ وَلَا بِالنَّصَارَى
.
"Ubahlah uban kalian dan jangan menyerupai orang-orang yahudi dan nashara."
[HR. Ahmad]
.
Rasulullah ﷺ bersabda:
.
وعن عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قال : حِينَ صَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ قَالُوا : يَا رَسُولَ اللَّهِ ، إِنَّهُ يَوْمٌ تُعَظِّمُهُ الْيَهُودُ وَالنَّصَارَى ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : (فَإِذَا كَانَ الْعَامُ الْمُقْبِلُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ صُمْنَا الْيَوْمَ التَّاسِعَ) ،  قَالَ : فَلَمْ يَأْتِ الْعَامُ الْمُقْبِلُ حَتَّى تُوُفِّيَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ .
.
Dari Abdillah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma, dia berkata: Ketika Rasulullah ﷺ puasa hari asyura (10 Muharram) dan menganjurkan para sahabat untuk juga melakukannya. Para sahabat pun berkata: "Wahai Rasulullah, sesungguhnya itu adalah hari yang diagungkan oleh orang-orang yahudi dan nashara." Maka Rasulullah ﷺ bersabda: "Jika tahun depan insya Allah kita akan puasa tanggal 9 juga." Abdullah bin Abbas berkata: "Tidaklah datang tahun depan melainkan Rasulullah ﷺ telah  meninggal dunia."
[HR. Muslim]
.
※ Bagaimana sikap orang muslim ketika hari raya orang-orang kafir?
.
Allah berfirman ketika mensifati ‘ibadurrahman (hamba-hamba-Nya yang beriman):
.
وَٱلَّذِينَ لَا يَشۡهَدُونَ ٱلزُّورَ
.
"Dan orang-orang yang tidak menyaksikan perayaan orang-orang musyrikin/kafirin."
[QS. Al-Furqan: 72]
.
Sebagaimana yang ditafsirkan oleh para ulama salaf seperti Mujahid, Adh-Dhahhak dan yang lainnya.
[Idem 1/480]
.
والله أعلم… وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

Tidak ada komentar:

Posting Komentar